1.
LAPS-Heuristik
Heuristik
adalah rangkaian pertanyaan yang bersifat tuntunan dalam rangka solusi masalah.
LAPS ( Logan Avenue Problem Solving) dengan kata Tanya apa masalahnya, adakah
alternative, apakah bermanfaat, apakah solusinya, dan bagaimana sebaiknya
mengerjakannya. Sintaks: pemahaman masalah, rencana, solusi, dan pengecekan.
2.
Cara
menyampaikan opini dalam diskusi
Inti dari kegiatan
diskusia dalah terjadinya proses bertukar pikiran
Antar peserta diskusi. Peserta di harapkan menyampaikan pendapatnya
terhadap permasalahan yang dihadapi. Selanjutnya pendapat tersebut harus ditanggapi oleh peserta yang lain. Bermacam-macam bentuk tanggapan dapat disampaikan, misalnya dengan mempertanyakan maksud dari pendapat tersebut jika dianggap belum jelas. Tanggapan juga dapat disampaikan dengan, menyatakan sikap setuju atau tidak setuju/mendukung atau tidak mendukung terhadap pendapat yang telah dikemukakan. Munculnya berbagai sikap pikiran dan tanggapan yang berbeda-beda itu merupakan hal yang positif dalam kegiatan berdiskusi. Semakin banyak tanggapan yang muncul menjadikan proses berdikusi semakin hidup dan dinamis.
Meskipun demikian, hidupnya proses berdiskusi tidak selalu menjamin hasil yang diperoleh akan baik. Hal itu dapat terjadi jika pendapat dan tanggapan yang muncul hanya kata-kata kosong yang tidak ada isinya. Selain itu pendapat yang dikemukakan lemah, tidak bersandar dan tanpa disertai alasan yang logis. Oleh karena itu dalam berdiskusi ,setiap pendapat dan tanggapan yang dikemukakan harus disertai alasan atau argument yang logis dan berdasar. Pendapat juga harus disampaikan dengan bahasa yang baik dan sopan.
Antar peserta diskusi. Peserta di harapkan menyampaikan pendapatnya
terhadap permasalahan yang dihadapi. Selanjutnya pendapat tersebut harus ditanggapi oleh peserta yang lain. Bermacam-macam bentuk tanggapan dapat disampaikan, misalnya dengan mempertanyakan maksud dari pendapat tersebut jika dianggap belum jelas. Tanggapan juga dapat disampaikan dengan, menyatakan sikap setuju atau tidak setuju/mendukung atau tidak mendukung terhadap pendapat yang telah dikemukakan. Munculnya berbagai sikap pikiran dan tanggapan yang berbeda-beda itu merupakan hal yang positif dalam kegiatan berdiskusi. Semakin banyak tanggapan yang muncul menjadikan proses berdikusi semakin hidup dan dinamis.
Meskipun demikian, hidupnya proses berdiskusi tidak selalu menjamin hasil yang diperoleh akan baik. Hal itu dapat terjadi jika pendapat dan tanggapan yang muncul hanya kata-kata kosong yang tidak ada isinya. Selain itu pendapat yang dikemukakan lemah, tidak bersandar dan tanpa disertai alasan yang logis. Oleh karena itu dalam berdiskusi ,setiap pendapat dan tanggapan yang dikemukakan harus disertai alasan atau argument yang logis dan berdasar. Pendapat juga harus disampaikan dengan bahasa yang baik dan sopan.
3.
Skenario
· Guru:
(menyapa dan mengabsensi) “selamat pagi anak-anak..”
· Siswa:
“pagi bu..”
· Guru:”
siapa yang tidak hadir hari ini?”
· Siswa:
“hadir semua bu..”
· Guru:
“baiklah anak-anak, kita akan memulai pelajaran kita hari ini. Semua sudah siap
untuk belajar hari ini?”
· Siswa:
“sudah bu...”
· Guru:
“(memberikan arahan) anak-anak, kita akan belajar mengenai cara menyampaikan
opini yang benar ketika berdiskusi.. nah, siapakah diantara anak-anak ibu yang
tahu cara menyampaikan opini yang benar saat berdiskusi?”
· Siswa
1: “dengan sopan bu..”
· Guru:
“iya benar nak, ada lagi siswa ibu yang tahu...?”
· Siswa
2: “tegas bu...”
· Guru:
“iya tepat nak, ada lagi siswa ibu yang tahu...?”
· Siswa
3: “tidak bertele-tele bu..”
· Guru:
“anak ibu hebat.., ada lagi siswa ibu yang tahu...?”
· Siswa
4: “tidak dengan emosi bu..”
· Guru:
“iya pintar anak ibu, ada lagi siswa ibu yang tahu...?”
· Siswa
:”sudah bu.. sudah semua”
·
Guru: “iya, anak ibu pintar-pintar semua
ya... nah, dari semua pendapat anak-anak ibu tadi, kesimpulannya, sikap apakah
yang baik kita lakukan saat menyampaikan opini ketika berdiskusi?
·
Siswa: “menyampaikan dengan sopan,
tegas, tidak bertele-tele, tidak emosi, bu.. ”
·
Guru: “iya, jadi hari ini kita sudah
pahamkan bagaimana cara menyampaikan opini yang baik saat berdiskusi..?
anak-anak ibu, masih ada yang kurang mengerti?”
·
Siswa: “tidak bu... sudah paham”
·
Guru: “baiklah, hari ini pelajaran kita
sudah berakhir... anak-anak ibu sekarang sudah tahu dan dapat menyampaikan
opini dengan baik.. dan harus diterapkan dalam diskusi ya..”
·
Siswa: “iya bu...”
·
Guru: “baiklah, pelajaran sudah
berakhir, anak-anak ibu boleh istirahat..”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar